HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT KARTIKA CIBADAK SUKABUMI

Penulis

  • deden ginanjar Universitas Jendral Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.4143/jki.v3i01.103

Kata Kunci:

Perawat, Tingkat Kepuasan Pasien, Komunikasi Terapeutik

Abstrak

Komunikasi terapeutik perawat mempunyai peranan penting dalam menunjang tingkat kepuasan pasien. Memiliki keterampilan berkomunikasi terapeutik perawat lebih mudah menjalin hubungan saling percaya dengan pasien, sehingga lebih efektif dalam mencapai tujuan asuhan keperawatan yang telah diterapkan dan akan memberikan kepuasan profesional dalam pelayanan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di poli penyakit dalam Rumah Sakit Kartika Cibadak. Desain penelitian yang digunakan adalah crossectional. Jumlah  sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 pasien. Pengambilan sampel menggunakan purposiv sampling. Instrumen yg digunakan kuesioner dengan skala likert. Analisa data univariat dan bivariat. Hasil penelitian sebanyak 28 pasien (57,1%) komunkasi terapeutik perawat baik pasien mengatakan puas, sebanyak 5 pasien ( 45,5%) komunikasi terapeutik perawat kurang pasien mengatakan tidak puas. Uji statistik menggunakan Chi-Square Test yang dilakukan dengan analisis Two-Sample Kolmogorov-Smirnov  diperoleh nilai p Value = 1,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di poli penyakit dalam Rumah Sakit Kartika Cibadak Sukabumi dengan nilai p 1,000.

Unduhan

Diterbitkan

01-02-2025

Cara Mengutip

ginanjar, deden. (2025). HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT KARTIKA CIBADAK SUKABUMI. Jurnal Kesehatan & Disiplin Ilmu, 3(01), 28–38. https://doi.org/10.4143/jki.v3i01.103