Digitalisasi Industri Maritim Setelah Pandemi Covid-19 di Indonesia

Penulis

  • Nida Febriani Politeknik Maritim Eka Utama Subang

Kata Kunci:

Industri Maritim,Pandemi covid-19, covid diindonesia,maritim

Abstrak

Industri logistik maritim berfungsi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia dan merupakan pusat bisnis global. Industri mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk pulih dari penurunan drastis yang telah kita lihat di seluruh dunia sebagai akibat dari pandemi COVID-19. Dalam makalah ini, kami berbicara tentang transformasi digital industri logistik maritim wilayah  Indonesia. Kami membahas rencana strategis untuk meningkatkan proses bisnis yang ada dan membuatnya tangguh dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi. Dalam upaya untuk mengidentifikasi faktor pendukung yang dapat membantu pemulihan ekonomi saat industri mencoba untuk bergerak di bawah bayang-bayang COVID-19, kami meninjau praktik digitalisasi logistik maritim perusahaan logistik maritim. Faktor-faktor penting ini kemudian dapat digunakan untuk mengembangkan strategi yang efektif untuk meningkatkan daya saing dan membangun ketahanan industri terhadap gangguan yang disebabkan oleh pandemi.

Referensi

Choa, H., & Lee, J. (2017). Searching for logistics and regulatory determinants affecting overseas direct purchase: An empirical cross-national study. The Asian Journal of Shipping and Logistics.

Dagman, K.-H., & Landstrom, F. (2004). Intermediaries Handling Disintermediation, Due to the Changing Business Environment of e-Commerce. Siti Salma Norman and Mohamad Rosni Othman 54 Journal of Maritime Logistics Volume 1 Number 2, December 2021: 40-55

Edvard, T., Marija, J., Saša, A., & Andreja, P. (2021). Digital transformation in the maritime transport sector. Technological Forecasting and Social Change.

Imran, A., & Mohamed Gamal, S. (2021). Implementation of supply chain 4.0 in the food and beverage industry: Perceived drivers and barriers. International Journal of Prodictivity and Performance Management Jahn,

C., Kersten, W., & Ringle, C. (2017). Digitalization in maritime and sustainable logistics. Proceedings of the Hamburg International Conference of Logistics (HICL), No. 24. Berlin: epubli GmbH.

Michele Acciaro, & Christa Sys. (2020). Innovation in the maritime sector: Aligning strategy with outcomes. Maritime Policy & Management.

Osobajo, O., Koliousis, I., & McLaughlin, H. (2021). Making sense of maritime supply chain: A relationship marketing approach. Journal of Shipping and Trade.

Panayides, P. (2006). Maritime logistics and global supply chains: Towards a research agenda. Maritime Economics & Logistics.

Parola, F., Satta, G., & Panayides, P. (2014). Corporate strategies and profitability of maritime logistics firms. Maritime Economics & Logistics.

Prokopenko, M., & Kochubei, O. (2021). Trends of industrial enterprises development in the context of digitalization. International Conference on Sustainable Transport System and Maritime Logistics (p. 100). Georgia: Batumi Navigation Teaching University.

Šekularac Ivošević, S. (2021). Envisioning marketing in a digital technology-Driven maritime business. Journal of Innovative Business and Management.

Yew, W., Lieo, D., Shin, W., Tan, T. R., Stoller, & Christopher, P. (2020). Issues on the logistics challenges in the pandemic period. Journal of

Diterbitkan

07-11-2024

Cara Mengutip

Febriani, N. (2024). Digitalisasi Industri Maritim Setelah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Kesehatan & Disiplin Ilmu, 1(03), 183–191. Diambil dari http://jurnal.akperkebonjati.ac.id/index.php/JKI/article/view/92